Program Studi | PEO/SO | Kurikulum | Penerimaan

Program Studi Sarjana Teknik Pertambangan


Prodi Sarjana Teknik Pertambangan dibagi menjadi dua opsi yaitu Tambang Eksplorasi dan Tambang Umum, memperhatikan cukup lebarnya cakupan industri pertambangan. Kedua opsi tersebut masing-masing didukung oleh Kelompok Keahlian Eksplorasi Sumberdaya Bumi dan Kelompok Keahlian Teknik Pertambangan.

1. Tambang Eksplorasi

Opsi Tambang Eksplorasi ditujukan untuk mendidik mahasiswa untuk bisa menjadi teknisi eksplorasi tambang dengan keterampilan dan pengetahuan pada eksplorasi sumberdaya bumi. Selain itu juga diharapkan lulusannya nanti mampu mengaplikasikan dan mengembangkan teknologi eksplorasi sumberdaya bumi secara efisien dan efektif, baik dilihat dari aspek waktu, biaya, dan resiko. Dengan kriteria tersebut diharapkan lulusan dapat menghadapi tantangan pada penemuan sumberdaya bumi dan mampu melakukan estimasi secara presisi sumberdaya dan cadangan mineral/batubara.

2. Tambang Umum

Opsi Tambang Umum ditujukan untuk mendidik mahasiswa untuk bisa menjadi teknisi pertambangan dengan keterampilan dan pengetahuan pada ekskavasi mineral dan batubara baik di permukaan maupun bawah tanah. Selain itu lulusannya juga diharapkan mampu mengimplementasikan dan mengembangkan teknologi penambangan secara efisien dan efektif dilihat dari waktu, biaya, dan resiko. Dengan kriteria ini, lulusannya nanti diharapkan bisa menghadapi tantangan pada ekskavasi mineral dan batubara sesuai dengan konsep good mining practice.